Menjaga kesehatan dengan mencuci tangan

sumberphoto: blibli.com

 

Kegiatan mencuci tangan pakai sabun mungkin terdengar biasa. Namun, sebenarnya banyak manfaat yang didapat dari mencuci tangan. Manfaat paling utama ialah mencegah penularan penyakit. Sebab, salah satu pemicu timbulnya penyakit yakni dari tangan.

Tangan yang kotor menjadi sarang kuman dan bakteri. Tangan yang kotor jika memegang makanan, maka kuman dan bakteri dapat masuk ke dalam tubuh sehingga menyebabkan penyakit. Untuk itu, mencuci tangan menggunakan sabun merupakan cara terbaik untuk mencegah masuknya kuman dan bakteri ke dalam tubuh Anda.

Bahkan dengan kegiatan cuci tangan pakai sabun, Anda bisa mencegah beberapa penyakit, di antaranya:

  1. Diare

Diare ditandai dengan keluarnya tinja dalam bentuk encer dengan frekuensi sering. Penyakit diare disebabkan oleh bakteri yang dapat menular melalui kontak langsung dengan seseorang yang sedang mengidap diare. Bakteri dapat berpindah kepada orang lain pada saat bersentuhan atau bersalaman.

  1. ISPA

ISPA atau infeksi saluran pernafasan akut, dapat menyerang anak dan orang dewasa. Gejala ISPA diawali dengan batuk dan pilek. Anda dapat menghindari terserang ISPA dengan membiasakan mencuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah makan, serta setelah buang air besar. Selain itu, biasakan menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin agar tidak menulari orang lain.

  1. Hepatitis A

Hepatitis A disebabkan infeksi virus yang menyerang organ hati. Penyakit ini dapat menular melalui mulut atau saluran pencernaan. Seseorang yang tidak menjaga kebersihan tangan, rentan terserang virus hepatitis A yang masuk melalui mulut pada saat mengonsumsi makanan. Jika virus masuk ke dalam pencernaan, dapat menyebabkan gangguan pada organ hati dan menimbulkan gejala seperti terserang demam, kuning, disertai rasa sakit pada perut kanan bagian atas.

  1. Scabies

Scabies merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau. Tungau dapat masuk melalui jaringan pada lapisan kulit epidermis yang menimbulkan gejala gatal-gatal pada kulit. Penyakit ini mudah menular melalui sentuhan kulit. Scabies dapat dicegah dengan selalu menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, mandi secara rutin, dan rajin mencuci tangan dengan sabun.

Data organisasi kesejahteraan anak dunia (UNICEF) pada 2013 menyebutkan, dari setiap hari sedikitnya 3 ribu anak di seluruh dunia meninggal karena terjangkit infeksi saluran pernapasan.

Untuk itu jaga lah kesehetan pada anak anak kita agar terhindar dari penyakit yang tidak di inginkan, pastikan lingkungan anak anak kita dalam keadaan steril dan terhindar dari virus ataupun bakteri, jagalah pola makan nya dengan teratur dan bersih.  Semoga bermanfaaat

 

Posted on: April 12, 2017, by : iezul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *