Merawat bayi yang baru lahir

sumberphoto:bearhug.id

Ketika bayi hadir di dunia, kulit mereka masih sangat halus dan tipis sekali, sehingga sangat rentan untuk terluka jika terkena benda – benda yang kasar. Karena masalah seperti itulah, menjaga kulit bayi bunda harus dilakukan dengan teknik – teknik yang benar sehingga bayi dapat nyaman untuk beristirahat ataupun melakukan beberapa aktivitasnya. Ada sekitar tiga komponen yang perlu sang bunda ketahui ketika akan merawat kuli bayi ketika baru lahir hingga usia satu tahun, komponen – komponen tersebut seperti membersihkan, melembabkan dan kemudian memproteksi kulit bayi bunda dari partikel ataupun unsur lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan.

Peralatan pertama yang bunda perlukan dalam merawat kulit bayi yaitu bunda dapat menggunakan bahan produk yang mempunyai sifat lembut dan halus. Di samping itu, penggunaan bahan tersebut tidak dapat menyebabkan alergi pada bayi, karena sekarang ini banyak produk – produk bayi yang di jual tanpa terlebih dahulu dilakukan penelitian, sehingga berdampak negatif bagi pemakainya. Merawat kulit bayi dapat terfokus pada pemilihan sabun untuk mandi. Pastikan bunda menggunakan sabun yang tidak perih dimata, selain itu sabun cair wangi dan lembut itu lebih disarankan agar kulit bayi aman dari gesekan yang mungkin dapat mencederainya jika bunda menggunakan sabun batangan. Dalam hal pemilihan sampo untuk bayi, bunda harus lebih teliti untuk memilihnya, karena selain berhubungan dengan kulit kepala sang buah hati, mencuci kepala juga sangat rentan sekali mata bayi bunda terkena sampo tersebut. Untuk itulah, memilih sampo yang lembut dan tidak perih di mata dapat menjadi pilihan yang utama. Tahap selanjutnya dalam merawat kulit bayi yaitu bunda perlu memberikan bedak yang khusus di gunakan untuk bayi. Jangan sampai bunda memberikan bedak yang tidak lembut dan halus, karena akan menyebabkan bayi tidak merasa nyaman. Selain itu beberapa jenis bedak bayi dapat menyebabkan alergi kemerahan.

memberikan bedak yang sesuai untuk merawat kulit bayi, selanjutnya bunda perlu memakaikan jenis pakaian yang menggunakan bahan lembut dan halus. Semakin banyak bulu – bulu kecil pada suatu bahan, maka akan semakin mempernyaman bayi ketika akan melakukan aktivitas. Penggunaan bahan ini tentunya juga dapat meminimalisir gesekan kain pada kulit, sehingga tidak akan terjadi luka pada kulit bayi.

Demikian perawatan bayi yang harus kita perhatikan agar si buah hati selalu terawat dengan baik, terjaga, dan semoga bermanfaat.

 

 

Posted on: April 12, 2017, by : iezul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *