Penyebab Bronkitis pada anak dan Cara Mengobati Dengan Herbal

sumberphoto:aladokter.com

Bronkitis merupakan infeksi atau peradangan yang terjadi pada saluran udara utama yang ke paru-paru atau disebut bronkus. Bronkitis pada anak dapat terjadi ketika virus penyebab flu, batuk, dan sinusitis menyebar sampai ke bronkus dan berkembang biak di sana.

bronkitiss

Ketika kuman tersebut sudah berdiam dan berkembang biak dalam bronkus, maka saluran udara akan membengkak, meredang, dan dipenuhi lendir. Selain virus, bronkitis pada anak juga dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu alergi, infeksi bakteri, dan iritasi oleh karena asap polusi, rokok dan debu.

Gejala-gejala Bronkitis yang bersifat akut akan memunculkan beberapa gejala berikut :

Batuk-batuk yang berlangsung selama lima hari atau lebih

Keluar dahak bening, kuning, hijau atau putih

Dada mudah sakit atau terasa nyeri saat batuk

Tidak selalu disertai demam, meski demam ringan mungkin sesekali muncul

 

Pada keadaan tertentu, anak harus segera mendapat pertolongan dokter, yaitu bila ada demam dengan temperatur di atas 38 derajat celcius disertai hilang nafsu makan, sesak nafas, dan badan terasa ngilu. Tanda-tanda ini dapat mengartikan sang anak menderita pneumonia dan membutuhkan Dokter untuk mendapatkan pengobatan antibiotik.

Selain akut, bronkitis pada anak juga ada yang bersifat kronis. Bronkitis kronis pada anak mempunyai gejala-gejala seperti berikut :

Anak mengalami batuk terus-menerus yang disertai dengan keluarnya dahak berwana bening, kuning, hijau atau putih paling sedikit terjadi selama tiga bulan dalam setahun atau lebih dari dua tahun berturut-turut.

Anak kadang-kadang mengalami mengi atau napas yang berbunyi (wheezing) dan sesak napas.

Merasa sangat lelah

Cara Pencegahan Bronkitis

Bronkitis Pada anak disebabkan oleh virus atau bakteri, maka mencegahnya dapat dilakukan dengan cara menjauhkan anak dari penyebabnya. Pastikan anak selalu mencuci tangan dengan bersih sesudah bermain dan saat hendak makan. Wajib hukumnya bagi orang tua untuk memberikan nutrisi yang baik dan seimbang pada anak agar sistem kekebalan tubuh mereka dapat bekerja secara optimal. Apabila diperlukan, jauhkan anak dari penderita bronkitis demi mencegah dirinya terpapar penyakit yang sama.

 

Apabila anak sudah waktunya mendapatkan vaksinasi, maka berilah vaksin yang terkait pencegahan terhadap penyakit ini. Yang wajib dilakukan adalah menjauhkan anak dari asap roko. Sesehat apapun, bronkitis pada anak sangat beresiko diidap oleh anak yan terpapar asap rokok.

Demikian penyebab bronkitis yang harus kita  ketahui untuk kesehetan kita maupun anak anak kita, semoga bermanfaat

 

Posted on: April 12, 2017, by : iezul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *